DNM.ID – Dunia usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) terus mengalami perkembangan. Banyak pihak yang mendukung perkembangan umkm. Pemerintah dan swasta pun saling berlomba berpartisipasi mengembangkan umkm. Salah satunya Sampoerna Retail Community (SRC) yang intens melakukan pembinaan UMKM lewat toko kelontong.
PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) meningkatkan pembinaan UMKM Toko Kelontong di Indonesia melalui pembaruan ekosistem digital SRC. SCRIS meluncurkan ekosistem digital My AYO by SRC. Aplikasi ini menempatkan berbagai fitur inovatif terbaru untuk memudahkan seluruh ekosistem SRC dalam menjalankan usaha hingga berbelanja.
Direktur SRCIS, Rima Tanago mengatakan bahwa SRC terus berkontribusi dalam mendukung perekonomian Indonesia, utamanya dalam hal transformasi digital untuk kemajuan UMKM toko kelontong.
“Inovasi dan wajah baru tersebut ditujukan agar SRC dapat semakin memperkuat ekosistem digital penunjang pelaku usaha dalam menjalankan usahanya, dan juga konsumen dalam berbelanja berbagai kebutuhannya,” ujar Rima.
Ia berharap, ekosistem digital My AYO by SRC mampu mendorong 225 ribu toko SRC yang tergabung dalam 7.000 paguyuban, serta 6.100 Mitra SRC yang tersebar di seluruh Indonesia agar menjadi lebih maju.
Adapun My AYO by SRC terdiri dari tiga aplikasi. Pertama My AYO by SRC yang disediakan bagi para pelanggan Toko SRC, AYO MITRA by SRC yang diperuntukkan bagi para mitra usaha atau pengusaha grosir, dan AYO TOKO by SRC yang ditujukan bagi para toko kelontong.
“Perubahan kebutuhan masyarakat dan dinamika perkembangan zaman memberikan kami motivasi untuk terus aktif memajukan SRC. Kehadiran SRC di tengah masyarakat diharapkan akan memberikan manfaat besar yang tidak berhenti sampai di sini, tetapi terus bertambah dan meluas secara progresif dalam jangka panjang,” katanya.
Sementara itu, Plt. Asisten Deputi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dan Kewirausahaan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Saleh mengapresiasi transformasi dan digitalisasi yang dilakukan oleh SRC untuk UMKM Indonesia Jadi Lebih Baik.
“Toko kelontong memiliki peranan penting pada pertumbuhan ekonomi lokal maupun nasional. Ini merupakan fenomena bisnis mikro yang prospektif dan menjadi bagian penting bagi pemenuhan kebutuhan masyarakat,” pungkasnya.[*]